Olahraga

Piala Asia U23 2024, Bungkam Yordania U23 4-1 Timnas Indonesia U23 Lolos ke Babak 8 Besar

Avatar of Redaksi Beritakanal.net
23
×

Piala Asia U23 2024, Bungkam Yordania U23 4-1 Timnas Indonesia U23 Lolos ke Babak 8 Besar

Sebarkan artikel ini
20240422 014730
49 / 100

Jakarta, Timnas Indonesia U-23 berhasil membungkam Yordania U-23 di pertandingan terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Minggu (21/04/2024) malam WIB.

Kelima gol seluruhnya dicetak pemain timnas Indonesia U23, gol Yordania dihasilkan bunuh diri Justin Hubner, sementara itu gol-gol Garuda Muda dihasilkan Marselino Ferdinan (brace), Witan Sulaeman, dan Komang Teguh.

Hasil ini menbuat Indonesia U-23 mengemas enam angka dari dua laga dan Merah Putih mendapat tiket lolos ke babak perempat final bersama Qatar U-23 dengan menempati peringkat dua klasemen Grup A. Sementara itu Yordania jadi juru kunci di grup ini dengan poin 1.

Timnas Indonesia U-23 membuka laga dengan apik dengan langsung menekankan pertahanan timnas Yordania U23.

Laga baru berjalan tiga menit, Garuda Muda mendapatkan peluang oleh Rafael Struick yang memanfaatkan umpan Witan dari halfspace kanan, ia melepas tembakan kaki kanan. Sayangnya bola sepakannya kurang keras dan masih bisa ditepis keluar lapangan oleh kiper Yordania.

Pada menit ke-22, Indonesia U23 memperoleh tendangan penalti dengan dilanggarnya Rafael Struick di kotak penalti. Marcelino yang tampil sebagai algojo mampu melaksanakan tugasnya dengan mengecoh kiper Yordania U23 dan bola meluncur ke dalam mistar gawang. 1-0 untuk Indonesia U23.

Skuad Garuda Muda menggandakan kemenangan di menit ke-40, berawal dari Marselino memberikan umpan pada Rizky Ridho di depan kotak penalti kemudian kapten timnas Indonesia U23 tersebut dengan satu sentuhan memberikan umpan terobosan pada Witan Sulaeman lalu Witan dengan cerdik memutuskan langsung melepas tembakan melengkung dengan kaki kirinya ke tiang jauh.

Skor 2-0 untuk timnas Indonesia U23 bertahan hingga pertandingan babak pertama usai.

Tertinggal 2 gol di babak pertama membuat Yordania U-23 tampil bermain agresif untuk menekan pertahanan Indonesia U-23 di awal babak kedua.

Namun pertahanan timnas Indonesia U23 yang dikawal Rizki Ridho dkk tampil solid dan disiplin.

Tim asuhan Shin Tae-yong malah menambah gol pada menit 69 melalui. Marselino Ferdinan bekerjasama melakukan one-two di ujung kotak penalti Yordania dengan menerobos pertahanan lawan dan lanjut dengan menaklukkan kiper dengan sontekan kaki kanannya. Skor pun berubah menjadi 3-0.

Namun Yordania kemudian bisa mencetak gol. Pada menit ke-79, Ibrahim Mohammad Abdallah Sabra melepas tembakan dari luar kotak penalti. Bola coba diblok oleh Justin Hubner dengan kaki kanannya.

Tapi bola malah berbelok arah ke sisi kanan gawang. Ernando Ari sudah kadung salah langkah dan tak bisa berbuat apa punembiat kedudukan berubah menjadi 1-3.

Indonesia U-23 kemudian bisa mencetak gol lagi pada menit ke-86, berawal lemparan ke dalam dari sisi kiri oleh Pratama Arhan. Ia melemparnya ke tiang dekat. Di sana bola disundul oleh Komang Teguh, yang belum lama masuk ke lapangan. 1-4.

Wasit kemudian memberikan waktu tambahan 10 menit. Tapi Yordania tak bisa mencetak gol lagi. Indonesia U-23 pun menang 1-4.

Susunan Pemain

Yordania U-23: Ahmad Al Juaidi; Daniel Afaneh, Arafat Al Haj, Faisal Abu Shanab, Mohannad Abu Taha, Aref Al Haj, Amer Jamous, Bashar Al Diabat, Aon Al Maharmeh, Sief Darwish, Baker Kalbouneh

Pelatih: Abdullah Abu Zema

Indonesia U-23: Ernando Ari; Rizky Ridho, Justin Hubner, Muhammad Ferarri, Fajar Fathur Rahman, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan

Pelatih: Shin Tae-yong

BERITA KANAL - Beritakanal.net We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications