Peristiwa

Gempa bumi Tektonik Mag6,6 di Samudera Hindia Barat Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Avatar of Redaksi Beritakanal.net
12
×

Gempa bumi Tektonik Mag6,6 di Samudera Hindia Barat Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator : Redaksi/BeritaKanet.net
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator : Redaksi/BeritaKanet.net
60 / 100

Jakarta, Badan Metereologi Krimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan telah terjadi gempa bumi di Samudera Barat Aceh siang hari ini.
 
“Hari Sabtu 30 Desember 2023 pukul 12.19.26 WIB wilayah Samudera Hindia Barat Aceh diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,3,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui keterangan tertulis, Sabtu (30/12/2023).

Daryono mengatakan episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,50° LU ; 93,00° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 372Km arah Barat Daya Kota Calang, Aceh pada kedalaman 12 km.
 
“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas di Zona Investigator Fracture Zone (IFZ) . Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar geser (strike-slip),” ujar dia.
 
Gempa Samudra Hindia Barat Aceh M6,3  berdampak dan dirasakan di Aceh Selatan dan Simeulue  dengan skala intensitas IV MMI , Aceh Barat Daya III MMI, Aceh Besar dan Banda Aceh II MMI.

“Tidak ada laporan kerusakan,” kata Daryono.