PendidikanDaerah

Usai Umumkan Hasil SNBT, Unsri Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Jalur Seleksi Mandiri

Avatar of Zulkarnain
67
×

Usai Umumkan Hasil SNBT, Unsri Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Jalur Seleksi Mandiri

Sebarkan artikel ini
IMG 20240614 022656
61 / 100

Palembang, Universitas Sriwijaya (UNSRI) mengumumkan hasil Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri.

Rektor Unsri Taufiq Marwa mengatakan bahwa setelah melalui proses pendaftaran dan pelaksanaan UTBK-SNBT, hari ini diumumkan hasilnya yang diikuti sebanyak 21.666 peserta dan juga dibukanya penerimaan mahasiswa baru UNSRI melalui Seleksi Mandiri.

“Hasil SNBT, diumumkan hari ini, Kamis (13/6/2024) pada pukul 15.00 WIB melalui link pengumuman yaitu https://snbt.unsri.ac.id/. Sedangkan penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri juga dimulai hari ini setelah diumumkan hasil SNBT,” katanya di Gedung Bahasa Unsri Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (13/6/2024) kemarin WIB.

Taufiq menerangkan bahwa para peserta yang mengikuti SNBT dapat melihat secara langsung di link pengumuman Unsri dan bisa diprint, sehingga mereka bisa melihat skornya dan mengetahui lulus atau tidak lulus.

“Alhamdulillah saya bergembira, Tahun ini proses seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBT sangat terbuka, karena yang mempunyai kemampuan yang akan lulus. Kepada peserta yang lulus silahkan registrasi online yang dibuka 13-23 Juni dan kemudian mengikuti tes kesehatan 24-28 Juni 2024. Bagi peserta positif narkoba, maka digugurkan menjadi mahasiswa UNSRI,” jelasnya.

Mantan Dekan Fakultas Ekonomi UNSRI ini menyampaikan bagi peserta yang tidak lulus melalui jalur SNBT, masih ada kesempatan untuk menjadi mahasiswa baru Unsri dengan mengikuti melalui jalur Seleksi Mandiri.

“Untuk jenjang Sarjana, pendaftarannya dibuka 13-21 Juni 2024 dan pelaksanaan ujiannya, 23 – 26 Juni 2024. Sedangkan jenjang Diploma pendaftarannya dibuka 13 Juni -7 Juli 2024 dan pelaksanaan ujiannya 9 – 11 Juli 2024 mendatang,” ujar Taufiq.

Dirinya mengungkapkan untuk jalur Seleksi Mandiri Tahun 2024 berbeda dengan Tahun sebelumnya, karena berdasarkan Permen Nomor 62 Tahun 2023 pelaksanaan ujiannya dilaksanakan dengan 3 (tiga) cara yaitu pertama dengan mandiri, kedua melalui konsorsium bersama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan ketiga menggunakan score UTBK.

“Oleh karena itu, Tahun 2024 penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri, tidak dimungkinkan kita mengajak Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal ini sudah kita komunikasi dan konsultasi dengan pihak kementerian dan tidak mendapatkan izin untuk menggandeng PTS seperti Tahun sebelumnya,” ungkap Taufiq.

Taufiq menambahkan bahwa terkait dengan ketransparanan hasil ujian melalui jalur SNBT, silahkan lihat melalui link pengumuman dan bisa membandingkan score yang lulus dengan yang tidak lulus karena bisa dilihat secara langsung.

“Kepada peserta yang telah lulus mengikuti jalur SNBT, silahkan segera melakukan registrasi, jangan sampai terlambat dan bagi yang belum lulus masih ada kesempatan untuk mengikuti jalur Seleksi Mandiri dan silahkan daftar,” pungkasnya.