Politik

SBY Sebut 3 Pemilihan Presiden 2024 Akan Pengaruhi Geopolitik dan Keamanan Asia

Avatar of Redaksi Beritakanal.net
6
×

SBY Sebut 3 Pemilihan Presiden 2024 Akan Pengaruhi Geopolitik dan Keamanan Asia

Sebarkan artikel ini
1704625329928
49 / 100

Jakarta, Mantan presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpendapat 3 pemilihan presiden 2024 dapat mempengaruhi geopolitik dan keamanan di kawasan Asia.

“Secara pribadi saya berpendapat ada 3 pemilihan presiden di tahun 2024 ini yang bisa mempengaruhi geopolitik dan keamanan di kawasan Asia,” ujar SBY di akun X pribadinya yang dipantau redaksi di Jakarta, Minggu (7/1/2024).

SBY menjelaskan geopolitik dan keamanan yang dimaksud adalah ketegangan antara Tiongkok dengan Taiwan juga Tinongko dengan Amerika Serikat.

“Saya gunakan istilah Taiwan agar secara internasional mudah dipahami, meskipun saya mengerti bahwa bagi Tiongkok permasalahan Taiwan adalah isu dalam negeri. Juga ketegangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat yang berkaitan dengan hubungan Tiongkok – Taiwan yang memanas tahun-tahun terakhir ini,” jelas dia.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat ini menyatakan menarik untuk diikuti, pemilihan presiden di Taiwan pada Januari 2024 ini dan juga pemilihan presiden di Amerika Serikat pada November 2024 mendatang.

“Jika Presiden Taiwan yang baru adalah sosok yang bergaris keras dan sangat anti Tiongkok, ketegangan Tiongkok – Taiwan akan makin meningkat,” kata SBY.

BERITA KANAL - Beritakanal.net We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications