NasionalHankam

Imparsial: Panglima TNI Harus Hentikan Rencana Penambahan Kodam untuk Seluruh Provinsi di Indonesia

Avatar of Redaksi Beritakanal.net
43
×

Imparsial: Panglima TNI Harus Hentikan Rencana Penambahan Kodam untuk Seluruh Provinsi di Indonesia

Sebarkan artikel ini
1709227241196
59 / 100

Jakarta, Markas Besar (Mabes) TNI kembali mewacanakan penambahan Komando Daerah Militer (Kodam) baru untuk seluruh provinsi di Indonesia.

Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar mengatakan bahwa penambahan Kodam baru yang dimaksud adalah sebanyak 22 Kodam dari 15 Kodam yang sudah ada saat ini.

Jadi secara total akan berjumlah 37 Kodam untuk seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Kodam baru untuk IKN (Ibu Kota Nusantara).

Imparsial memandang, langkah Mabes TNI yang terus melanjutkan rencana penambahan Kodam untuk tiap provinsi menunjukkan pemerintah tidak memiliki visi yang reformis di bidang pertahanan negara, khususnya untuk menjaga dan mengawal reformasi TNI sebagai aktor penting di dalamnya.

“Alih-alih akan memperkuat pertahanan negara, penambahan Kodam untuk tiap provinsi mengkhianati amanat reformasi TNI 1998 dan justru berdampak buruk terhadap kehidupan demokrasi,” kata Direktur Eksekutif Imparsial, Gufron Mabruri kepada berita kanal.net melalui pesan tertulis di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Menurut Gufron penambahan Kodam menunjukan masih kuatnya orientasi pembangunan postur dan gelar kekuatan TNI yang lebih banyak ditujukan dan diorientasikan inward looking bukan outward looking dengan dominannya persepsi ancaman internal.

BERITA KANAL - Beritakanal.net We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications