Hukum & KriminalNasional

SETARA Institute: Kenaikan Pangkat Bintang Kehormatan untuk Prabowo, Langkah Politik Joko Widodo yang Tidak Sah dan Melecehkan

Avatar of Redaksi Beritakanal.net
44
×

SETARA Institute: Kenaikan Pangkat Bintang Kehormatan untuk Prabowo, Langkah Politik Joko Widodo yang Tidak Sah dan Melecehkan

Sebarkan artikel ini
1709104807118
56 / 100

Jakarta, Beredar luas rencana Presiden Joko Widodo untuk memberikan kenaikan pangkat Jenderal Kehormatan kepada Prabowo Subianto.

Mabes TNI dan Stafsus Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak mengonfirmasi bahwa Prabowo mendapatkan pangkat kehormatan Jenderal Bintang Empat penuh pada hari ini (28/2/2024).

SETARA Institute memandang bahwa secara yuridis, kenaikan pangkat kehormatan itu tidak sah dan ilegal. UU Nomor 34 tahun 2024 tentang Tentara Nasional Indonesia tidak mengenal bintang kehormatan sebagai pangkat kemiliteran.

“Bintang sebagai pangkat militer untuk Perwira Tinggi hanya berlaku untuk TNI aktif, bukan purnawirawan atau pensiunan,” kata Direktur Eksekutif SETARA Institute, Halili Hasan kepada beritakanal.net di Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Menurut Halili, jika merujuk pada Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, maka Bintang yang dimaksud dalam UU tersebut adalah Bintang sebagai Tanda Kehormatan, yang menurut Pasal 7 Ayat (3), dalam bentuk Bintang Gerilya, Bintang Sakti, Bintang Dharma, Bintang Yudha Dharma, Bintang Kartika Eka Pakçi, Bintang Jalasena, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa, bukan bintang sebagai pangkat kemiliteran perwira tinggi bagi purnawirawan militer.

Secara lebih spesifik, lanjut Halili jika merujuk kepada Peraturan Menteri Pertahanan No. 18 Tahun 2012, pemberian kenaikan pangkat ini juga merupakan tanda tanya besar. Dalam ketentuan umum peraturan ini, disebutkan bahwa Kenaikan Pangkat Istimewa diberikan kepada PNS dengan prestasi luar biasa baik. Sedangkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) diberikan kepada Prajurit yang mengemban penugasan khusus dengan pertahanan jiwa dan raga secara langsung dan berjasa dalam panggilan tugasnya.

BERITA KANAL - Beritakanal.net We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications