Nasional

RUU Penyiaran Ancaman terhadap Kebebasan Berekspresi dan Hak Atas Informasi

Avatar of Redaksi Beritakanal.net
11
×

RUU Penyiaran Ancaman terhadap Kebebasan Berekspresi dan Hak Atas Informasi

Sebarkan artikel ini
2024 05 15 18 17 31 943
58 / 100

Jakarta, Rancangan Perubahan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (selanjutnya disebut sebagai RUU Penyiaran) yang sedang diharmonisasi di tingkat Badan Legislasi (Baleg) DPR RI mendapat sorotan publik.

Beberapa ketentuan dalam draft RUU Penyiaran menunjukkan bahwa ada upaya sistematis untuk menggerus demokrasi.

“Antara lain melalui upaya untuk mengendalikan konten jurnalistik, yang mengancam kebebasan berekspresi dan hak untuk memperoleh informasi,” kata Peneliti Hukum dan Konstitusi SETARA Institute, Sayyidatul Insiyah melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi beritakanal.net di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Sayyidatul menyatakan terkait RUU Penyiaran SETARA Institute menyampaikan beberapa catatan.

“Pertama, SETARA Institute memandang bahwa RUU Penyiaran memuat beberapa ketentuan yang problematik dan merusak agenda-agenda demokrasi dan demokratisasi, kebebasan pers, kebebasan informasi, serta agenda-agenda HAM secara umum yang telah diperjuangkan sejak awal era Reformasi. RUU Penyiaran memvalidasi penyempitan ruang-ruang sipil,” ujarnya.

Ia menambahkan laporan tahunan Indeks HAM SETARA Institute selalu menunjukkan bahwa skor pada indikator kebebasan berekspresi menyampaikan pendapat merupakan indikator dengan skor paling rendah pada tiap tahunnya dan tidak pernah mendekati angka moderat dari skor 1-7 dengan rincian skor: 1,9 di tahun 2019; 1,7 pada tahun 2020; 1,6 di tahun 2021; 1,5 pada tahun 2022; dan 1,3 di tahun 2023.

BERITA KANAL - Beritakanal.net We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications