DaerahKabupaten Lombok BaratPariwisata

Pesona Sungai Dodokan di Lombok Barat: Keindahan Alam yang Memikat dan Sejarah yang Kaya

Avatar of Jaringan Berita Raya
55
×

Pesona Sungai Dodokan di Lombok Barat: Keindahan Alam yang Memikat dan Sejarah yang Kaya

Sebarkan artikel ini
Pesona Sungai Dodokan di Lombok Barat: Keindahan Alam yang Memikat dan Sejarah yang Kaya
60 / 100

Lombok Barat Sungai Dodokan terletak di wilayah Kabupaten Lombok Barat, menjadi salah satu sungai terlebar di Pulau Lombok. Tepi sungainya dihiasi pohon bambu dan Berora, menambah pesona alami sungai ini.

Keindahan dan kebersihan sungai ini menjadikannya tempat favorit para pemancing yang menyukai santai sambil menikmati keasrian sungai Dodokan dengan udara segar yang memanjakan.

Yang menarik dari sungai Dodokan adalah keberadaan beberapa situs sejarah penting di beberapa titiknya. Antara lain, Jembatan Gantung Peninggalan Kolonial dan Taman Labuan yang dibangun pada masa anak Agung.

Jembatan Gantung tersebut, dibangun oleh Belanda pada tahun 1934, menjadi penghubung vital antara wilayah Gerung dan Lembar, hingga kini masih menjadi akses penting bagi masyarakat setempat.

Di tepian sungai Dodokan, dekat dengan Pasar Gerung, dulunya ada taman luas yang dibangun Anak Agung Mataram sebagai destinasi wisata keluarga kerajaan. Sayangnya, kini taman tersebut sudah tak ada lagi.

Menurut Pemerhati Sejarah Lombok, Lalu Dodikom Aji Undah, Sungai Dodokan memiliki warisan sejarah yang kaya, menjadi fokus utama dalam hubungan Lombok dengan dunia luar pada masa lampau.

\\\”Sungai Dodokan memiliki lebar yang memungkinkan kapal untuk masuk ke pedalaman Lombok. Bahkan, di tepi sungai ini, terdapat tempat bernama Labuan (Pelabuhan),\\\” papar Lalu Dodik.

Pesona alam dan situs sejarah yang dimiliki Sungai Dodokan menjadikannya potensi besar untuk dikembangkan. Beberapa kafe di sekitar sungai sering kali ramai dikunjungi, termasuk Bistro Le Boean yang menjadi favorit para wisatawan mancanegara sebagai tempat bersinggah menikmati keindahan sungai Dodokan.

BERITA KANAL - Beritakanal.net We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications