Olahraga

Kualifikasi Piala Dunia, Indonesia Kalahkan Vietnam di GBK

Avatar of Redaksi Beritakanal.net
23
×

Kualifikasi Piala Dunia, Indonesia Kalahkan Vietnam di GBK

Sebarkan artikel ini
1711037167320
55 / 100

Jakarta, Timnas Indonesia berhasil memetik kemenangan tipis 1-0 atas Vietnam dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia Zona Asia grup F yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Gol semata wayang yang membawa kemenangan Indonesia dicetak Egi Maulana Vikri pada menit ke-52.

berkat kemenangan ini membuat posisi timnas Indonesia di grup F berada di peringkat kedua sementara Vietnam harus rela turun ke peringkat 3 (tiga).

Di pertandingan ini, Shin Tae-yong memberikan debut untuk 2 pemain yang baru dinaturalisasi yakni Nathan Tjoe-A-On bermain selama RT menit dan Jay Idzes yang tampil full selama 90 menit.

Meski berstatus sebagai tamu tidak membuat Timnas Vietnam jiper dengan tampil menekan sejak awal pertandingan.

Terus mendapat tekanan membuat tmnas Indonesia sulit untuk mengembangkan permainan di 15 menit pertama, di mana banyak umpan-umpan Indonesia yang tidak mencapai sasaran.

Meski terus ditekan Skuad Garuda mendapatkan peluang tepat sasaran pertama Indonesia baru tercipta di menit ke-32 melalui tembakan Rafael Struick namun bola bisa ditangkap dengan mudah oleh Filip Nguyen.

Di sisa babak pertama, kedua tim saling melakukan jual beli serangan. Namun skor 0-0 tidak berubah hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan.

Di awal babak kedua, Shin Tae-yong langsung melakukan tiga pergantian pemain dengan menarik keluar Nathan Tjoe-A-On, Yakob Sayuri dan Hokky Caraka dan digantikan Sandy Walsh, Pratama Arhan dan Egy Maulana Vikri.

Masuknya tiga pemain ini mengubah dinamika permainan Indonesia. Skuat Garuda jadi lebih aktif dalam menyerang, dan hasilnya di menit ke-52 Indonesia berhasil memecah kebuntuan.

Berawalan dari lemparan ke dalam dari Pratama Arhan, bola yang masuk ke kotak penalti coba dihalau oleh bek Vietnam, bola sapuannya malah jatuh ke kaki Egy, dan penyerang Timnas Indonesia itu tanpa kesulitan menyambar bola menjadi gol. Indonesia unggul 1-0 atas sang tamu.

Gol tersebut membuat Indonesia semakin percaya diri. Serangan demi serangan dilancarkan skuat Garuda ke gawang Vietnam, sementara The Golden Star lebih memanfaatkan serangan balik.

Tensi pertandingan semakin memanas. Tim kedua tidak sungkan-sungkan mengeluarkan tekel-tekel keras untuk menghentikan serangan lawan.

Di masa tambahan waktu, Indonesia nyaris menggandakan keunggulan menjadi 2-0 berkat sepakat Egy di depan gawang. Namun kali ini Filip Nguyen berhasil menepis bola sehingga peluangnya gagal menjadi gol.

Jual beli serangan berlanjut, namun skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia: Adi Satryo; Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Yakob Sayuri; Rafael Struick, Hokky Caraka

Pelatih : Shin Tae-yong

Timnas Vietnam: Nguyen Filip; Vo Minh Trong, Bui Tien Dung, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Thai Putra; Nham Manh Dung, Nguyen Dinh Bac

Pelatih : Philippe Trousier